7 Kereta Api Unik yang Kini Tinggal Sejarah


Seiring perkembangan jaman, kereta api telah banyak melalui proses evolusi. Dengan desain yang semakin baik, beberapa kereta api yang diketahui pernah dibuat justru hilang dengan sendirinya dan hanya menjadi bagian dari sejarah.

Beberapa diantaranya adalah kereta api unik dan tak lazim. Kereta api yang memiliki berbagai macam fitur unik yang akan membuat orang terkejut karena kini kereta api tersebut tak lagi digunakan. Berikut 7 kereta api unik di dunia yang kini hanya tinggal sejarah, seperti yang dikutip dari inddit.com

7. M-497 ‘Black Beetle’


Dibuat pada tahun 1960-an, M-497 (Black Beetle) adalah sebuah kereta eksperimental yang menggunakan mesin jet. Konstruksi dari kereta tersebut disponsori oleh “New York Central Railroad”. Mereka ingin membuat kereta-kereta cepat untuk kembali memikat komuter dan meninggalkan kereta lambat sebagai alat transportasi pada saat itu.

Baca Juga:  6 Misteri Kereta Api ‘Jalan Sendiri’ Tanpa Masinis

M-497 (Black Beetle) adalah kereta penumpang reguler yang diubah untuk dijalankan oleh sebuah mesin jet dari pesawat pembom B-36. Kereta ini telah menjalani serangkaian tes dan akhirnya mampu mencapai rekor kecepatan 295 km/jam (185 mph). Rekor tersebut tak terpecahkan selama 40 tahun.

Namun, pihak “New York Central Railroad” memutuskan untuk menghentikan pengembangan kereta ini. Penggunaan mesin jet dinilai menjadi faktor utama dihentikannya proyek ini karena dinilai terlalu mahal baik dalam proses pembuatannya atau pun perawatannya.

Republished by Blog Post Promoter

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment