5 Hal Sederhana yang Bisa Membuatmu Jadi Lebih Pintar


Kecerdasan memang bawaan lahir yang harus kita terima. Tapi ini bukan berarti kita tak berbuat apa-apa untuk bisa meningkatkannya. Menjadi pintar adalah pilihan. Setiap orang bisa menjadi lebih pintar. Tentunya dengan serangkaian usaha dan kebiasaan. Kalau kamu ingin menjadi lebih pintar dengan hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan dengan mudah setiap hari, berikut ini ada tips yang bisa kamu terapkan, seperti yang dilansir oleh isigood.com.

1. Baca, baca, baca

Mau jadi lebih pintar? Baca. Baca apapun itu. Kalau dasarnya kamu nggak suka baca, mulailah dari sesuatu yang kamu suka. Jika kamu suka olahraga, mulailah membaca segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Kalau kamu suka traveling, mulailah membaca segala sesuatu yang berkaitan dengan traveling. Simpel kan? Akan lebih baik lagi kalau kamu membaca berbagai topik. Membaca berbagai topik bacaan bisa membuat wawasanmu semakin luas.

2. Bergaul dengan orang dari berbagai kalangan

Kalau bergaul dengan itu-itu saja, ya paling wawasanmu mentok di situ aja. Bergaul dengan berbagai macam orang bisa membuka pikiran kita terhadap berbagai macam karakter orang dan bagaimana sudut pandangnya. Jika hanya bergaul dengan itu-itu saja ya kapan berkembangnya? Kamu harus mau dan berani untuk bergaul dengan orang dari berbagai kalangan supaya wawasanmu juga berkembang.

3. Berdiskusi

Biasakanlah untuk berdiskusi. Berdiskusi bisa melatih pikiran kita untuk lebih terbuka dan memandang sesuatu dari sudut pandang orang lain. Jika berlum siap mengambil topik yang berat, mulailah berdiskusi soal isu-isu yang sedang berkembang di tempatmu. Mulai dari topik yang sederhana, kemudian jika sudah terbiasa, sedikit demi sedikit naikkan levelnya hingga akhirnya bisa mendiskusikan hal-hal yang lebih berat.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Delima yang Perlu Diketahui

4. Asah otak

Otak bagaikan pisau; jika tak diasah bisa tumpul. Maka dari itu jangan biarkan otak kita “nganggur”. Bahkan saat kita ngganggur sekalipun, usahakan untuk tetap membuat otak kita tetap bekerja. Bagaimana caranya? Macam-macam, bisa dengan main game asah otak, mengisi teka-teki silang, membaca, dan lain-lain. Ohiya, ketika harus menghitung sesuatu, usahakan jangan gunakan kalkulator dulu (ini membuat kita semakin malas). Kalau bisa dihitung secara manual, hitung dulu secara manual (supaya otak kita tetap bekerja). Kalau sudah mentok, baru deh pakai kalkulator.

5. Mengikuti komunitas atau organisasi

Mengikuti komunitas atau organisasi memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai macam latar belakang. Selain itu, dengan bergabung dalam komunitas atau organisasi, kita akan mengikuti beragam kegiatan yang di dalamnya juga akan mengasah kemampuan kita dalam memecahkan masalah, manajemen konflik, dan membuat inovasi baru terhadap proyek yang sedang dijalankan.

Cukup menarik kan? Mengisi waktu luang dengan cara yang menyenangkan sekaligus membuat kita menjadi lebih pintar

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment