Foto-Foto Asli Permukaan Planet Mars yang Disembunyikan NASA!


Inilah foto asli planet Mars yang diluar imajinasi. Pada artikel kali ini akan memperlihatkan foto-foto permukaan planet Mars yang asli, dan bisa jadi dapat membuat Anda berdecak kagum.

Eksplorasi di Mars tidak semuanya tentang wahana Curiosity dan Opportunity Rovers yang berjalan di permukaan Mars. Wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA telah berhasil memotret banyak gambar beresolusi tinggi yang indah dari permukaan planet merah ini sejak tahun 2006 silam.

Pesawat ruang angkasa MRO yang memutari ‘planet merah’ Mars ini dioperasikan oleh University of Arizona. Wahana MRO tersebut dilengkapi dengan kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang seharga US$40 juta dollar AS. Nah, dari wahana inilah foto-foto indah permukaan Mars di dapat.


Perangkat kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) yang berada di wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO).

Selama beberapa puluh tahun, planet Mars hanya “dipromosikan” sebagai ‘Planet Merah’ yang seakan-akan hanya padang tandus berwarna merah saja. Namun dengan dirilisnya foto-foto “beyond imagination” permukaan planet Mars ini membuat banyak orang berdecak kagum dengan keindahannya.

Tak hanya berwarna merah bata dan oranye, namun permukaan planet ini juga memiliki landscape berupa hamparan berwarna biru, hijau, ungu, kuning dan lainnya.

Juga terlihat beberapa kawah di permukaannya hasil dari tumbukan meteorid dan asteroid. Terlihat pula gunung dan pegunungan, padang pasir dan bebatuan yang warnanya tidak selalu di dominasi warna merah.

Berikut foto-foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA, seperti yang dilansir oleh indocropcircles.wordpress.com.

  • 17

    Tampak kandungan besi (hematite) berwarna coklat-kekuningan, di wilayah Mars yang bernama Capri Chasma.

  • 16

    Sebuah fenomena alami “Badai Debu” yang tinggi (high-flying dust storm) tampak terekam dari orbit Mars di wilayah Amazonia Planitia pada akhir musim semi.

  • 15

    Tampak dalam foto, wahana penjelajah Mars, Curiosity Rover (agak ke bawah disebelah kiri) berikut bekas jejaknya di permukaan Mars, saat difoto oleh kamera HiRISE.

  • 14

    Tampak sebuah kawah bekas meteorit yang masih ‘segar’ atau baru terlihat di permukaan Mars, lengkap dengan debu berwarna yang terlontar saat terjadi benturan.

  • 13

    Tampak gundukan raksasa atau ‘barchan’, yang mirip seekor ular di wilayah Hellas akibat dampak basin di Mars ini terbentuk karena angin bertiup ke arah yang sama dalam jangka waktu yang panjang.

  • 12

    Deposit yang kaya oleh tanah liat (clay deposits) dari wilayah Nili Fossae menjadikannya sebagai salah satu daerah yang paling menarik bagi para peneliti Mars karena daerah ini dapat memberikan kondisi yang memungkinkan bahan organik untuk dapat bertahan lama.

  • 11

    Inilah salah satu bukit pasir pertama yang ditemukan di planet Mars, ditemukan oleh para ilmuwan di dalam wilayah bernama Kawah Proctor atau Proctor Crater.

  • 10

    Daerah yang disebut ‘inverted crater’ atau ‘kawah terbalik’ di wilayah Arabia Terra di planet Mars yang berdiametar sekitar 250 meter.

  • 9

    Tampak tanah tandus yang terkikis di wilayah bernama Aram Chaos, sebuah kawah besar di dekat ekuator Mars telah hampir penuh dengan batuan sedimen.

  • 8

    Tampak bekas jejak fenomena alami di Mars oleh “Debu Setan” (Dust Devils) yang terlihat berupa jejak hitam berputar-putar dan terlihat sangat menarik di permukaan berpasir di planet Mars.

  • 7

    Tampak wilayah Noctis Labyrinthus atau ‘Labyrinth of the Night,’ yang namanya diberikan karena lembah curam berdindingnya yang berpotongan menyerupai struktur seperti labirin.

  • 6

    Foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA yang memperlihatkan daerah Nili Fossae yang berada di wilayah barat laut Mars, sebagai salah satu tempat paling berwarna-warni di Mard yang selama ini dikenal sebagai “Planet Merah”.

  • 5

    Komposisi ini menghasilkan warna yang berbeda pada citra berwarna inframerah-merah-biru (infrared-red-blue color images) dari kamera HiRISE, seperti nuansa indah berwarna biru dan krem pada salah satu foto indah ini.

  • 4

    Foto yang juga membuat kita dangat takjub dari wahana Mars Orbiter menunjukkan beragam komposisi dari batuan dasar berlapis yang dibentuk oleh sejarah geologi yang rumit dan menarik di kawasan ini.

  • 3

    Banyak daerah di permukaan Mars dipenuhi oleh padang pasir, debu dan regolith, tetapi dalam foto yang menakjubkan ini kita bisa melihat foto batuan dasar wilayah Nili Fossae dengan sangat baik, kecuali pada wilayah yang juga terlihat dan terdapat bukit pasir.

  • 2

    Foto nyata dan asli planet Mars yang diambil oleh wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA yang memperlihatkan daerah Nili Fossae yang berada di wilayah barat laut Mars, sebagai salah satu tempat paling berwarna-warni di Mard yang selama ini dikenal sebagai “Planet Merah”.

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment