5 Tempat Angker yang Dijadikan Lokasi Bertapa Tokoh Besar Indonesia


Bertapa atau semedi adalah salah satu laku yang kerap dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Dengan bersemedi, seseorang akan mendapatkan ketenangan batin, diberi petunjuk, dan juga diberi kesaktian hingga akan susah sekali di kalah meski menggunakan senjata setajam apa pun.

Dalam sejarah dan cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki banyak sekali lokasi pertapaan yang kerap dipakai oleh tokoh besar Indonesia. Tempat-tempat itu dikenal sangat angker hingga dikenal sangat cocok untuk bersemedi dan mencari kekuatan. Mari kita bahas satu per satu tempat apa sajakah itu, seperti yang dikutip dari boombastis.com.

1. Gua Istana – Banyuwangi


Gua Istana adalah sebuah gua yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Gua ini memiliki panjang 30 meter dan lebar sekitar 8 meteran saja. Setiap hari sekitar 100-300 orang datang untuk berkunjung untuk sekadar melihat gua yang konon pernah digunakan Soekarno untuk bertapa atau meminta berkah atas usaha yang sedang dibangun.

Gua Istana selalu ramai menjelang 1 Muharam atau 1 Suro penanggalan Jawa. Pada tanggal ini semua orang berkumpul untuk melakukan ruwatan dan membuang sial. Selain 1 Suro, di masa pemilihan umum, para caleg juga banyak yang datang ke sini agar kelak bisa terpilih dan menjadi anggota dewan.

Republished by Blog Post Promoter

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment