Kehebatan Mandau, Senjata Mematikan yang Jadi Kebanggaan Masyarakat Dayak


Dari semua senjata tradisional yang ada di Indonesia, Mandau bisa dibilang sebagai salah satu yang paling populer. Alasannya tak lain karena senjata ini begitu lekat dengan sosok suku Dayak yang kamu tahu sendiri telah memiliki pamor yang begitu mentereng, bahkan bisa dikatakan mendunia. Sebenarnya tak hanya karena Dayak sih yang membuat Mandau punya nama. Senjata satu ini sendiri memang punya banyak keunikan yang sangat menarik.

Bagi orang awam Mandau mungkin hanya pedang biasa, tapi tentu saja senjata satu ini lebih dari itu. Dari fisik sudah begitu kelihatan kalau Mandau adalah senjata khas dengan kemampuan mematikan. Dan kalau kita menyelami lebih jauh lagi, senjata ini konon juga mengandung kekuatan-kekuatan magis yang luar biasa.

Dengan semua yang dimilikinya, rasanya sangat wajar kalau masyarakat Kalimantan dan suku Dayak khususnya, begitu bangga akan senjata satu ini. Nah, agar lebih tahu lagi tentang senjata sangar ini, berikut adalah hal-hal yang mungkin kamu belum tahu soal Mandau, seperti yang dikutip dari boombastis.com.

Keindahan Mandau yang Luar Biasa


Jika ada hal yang paling dikenal soal Mandau, hal tersebut jelas adalah penampilan fisiknya. Tak seperti pedang-pedang tradisional lainnya, Mandau benar-benar dikemas sangat cantik. Kalau kamu perhatikan lekat-lekat, hampir semua sisinya punya detail. Mulai dari pegangan, sarung, sampai bilahnya sendiri.

Tujuan Mandau dihias bukan hanya karena agar terlihat menawan saja, tapi juga punya makna khusus. Misalnya hiasan dedaunan di bagian pegangan yang ternyata mengandung manfaat khusus untuk mengusir hewan-hewan buas. Pun begitu dengan lubang-lubang di bilahnya yang juga memiliki makna khususnya sendiri. Bahkan untuk ukiran yang ada di hampir semua sisinya, itu pun juga ada maksudnya.

Republished by Blog Post Promoter

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment