Penemuan Eksoplanet Paling Dekat dengan Bumi


NASA kembali menemukan sebuah planet baru, HD 219134b. Planet HD 219134b ditemukan teleskop luar angkasa Spitzer dan memiliki jarak yang cukup dekat dengan Bumi, hanya sekitar 21 tahun cahaya. Jaraknya yang dekat tersebutlah yang membuat planet ini kini menjadi fokus objek penelitian NASA.

HD 219134b memiliki ukuran 1,6 kali lebih besar daripada Bumi dengan masa empat kali lipat dari Bumi. Berbeda dengan Kepler-452b, planet HD 219134b diperkirakan tidak mampu menyokong kehidupan. Hal tersebut karena jaraknya terlalu dekat dengan bintang di sistem tata suryanya dengan orbit hanya tiga hari, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

NASA mengatakan, terdapat banyak sekali planet seperti ini di luar angkasa, dan hingga kini manusia Bumi masih belum menjelajahi satu pun dari planet-planet tersebut. Planet HD 219134b pun diharapkan akan dapat membuat para ilmuwan NASA untuk lebih dapat membongkar misteri luar angkasa.

Para ilmuwan NASA juga menemukan bahwa sistem tata surya yang menyokong planet HD 219134b memiliki dua planet lain. Sama seperti HD 219134b, keduanya masih dinilai terlalu dekat dengan bintangnya dan memiliki waktu revolusi yang jauh lebih pendek dari Bumi. Keduanya juga memiliki masa yang lebih besar dari Bumi, yaitu 2,7 kali serta sembilan kali lebih besar.

Mengenai planet luar tata surya yang paling mirip bumi dapat dibaca disini dan disini

Republished by Blog Post Promoter

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment