Dahsyatnya Cetbang, Senjata Api Tercanggih Milik Majapahit yang Ditakuti Dunia


Selama ini kita selalu diberi tahu bahwa di masa lalu bangsa Indonesia hanya menggunakan bambu runcing untuk bertarung. Mereka tidak bisa membuat senjata sendiri sehingga selalu kalah dengan penjajah seperti Belanda dan juga Jepang yang memiliki kemajuan senjata yang sangat tinggi. Bangsa ini mulai bisa melawan setelah mendapatkan senjata dari musuh yang berhasil dikalahkan.

Sebenarnya, jauh sebelum para penjajah dari Eropa datang, para pendahulu kita dari Kerajaan Majapahit sudah memiliki senjata yang sangat mematikan. Mereka berhasil menciptakan sebuah senapan api mirip bazooka yang mampu meledak setelah diisi dengan bubuk mesiu ciptaan para ahli senjata kerajaan.

Oh ya, untuk lebih mengenal senjata mematikan bernama Cetbang ini, silakan simak pejelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir boombastis.com.

Latar Belakang Dibuatnya Senjata


Selama ini kita hanya mengenal Gajah Mada sebagai orang yang sangat hebat dalam perang. Dia adalah orang yang memiliki Sumpah Palapa dan terobsesi menyatukan Nusantara. Selain masalah sumpah dan kemampuan dalam perang, ternyata Gajah Mada juga sangat ahli dalam bidang persenjataan. Dia menguasai banyak teknik pembuatan senjata sehingga Cetbang akhirnya diciptakan.

Baca Juga:  5 Penemuan Leonardo Da Vinci yang Jarang Diketahui

Di masa lalu, Gajah Mada suka sekali mempelajari banyak teknologi dari banyak kawasan. Berbekal dari kepandaiannya ini, Gajah Mada akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah senjata hebat selain keris yang sakti. Dia merancang sebuah senapan atau mungkin juga bazooka yang akan meledak jika disulut dengan api.

Dukungan Pemimpin Majapahit


Awalnya apa yang dilakukan oleh Gajah Mada tidak begitu diminati oleh raja ke-2 Majapahit. Meski demikian dia tetap berusaha melakukannya dengan sebaik-baiknya. Saat Tribuana Tunggaldewi menjadi raja ketiga Majapahit, keinginan dari Gajah Mada itu menjadi kenyataan. Terlebih dia diangkat menjadi mahapatih sehingga keinginan membuat senjata didukung dengan penuh.

Karena cetbang sangat berguna dalam perang serta terkesan sangat hebat, Gajah Mada diberi mandat untuk membuatnya dalam jumlah banyak. Selain itu, ukuran dari cetbang juga dibuat dalam aneka jenis mulai dari panjang 1 meter hingga panjang 3 meter. Semua disesuaikan apakah senjata akan dibawa oleh beberapa orang atau diletakkan pada armada kapal laut.

Let's block ads! (Why?)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment